asdasd
Posted By capaianrk
Aulia Nataningsih : Mengaplikasikan Ilmu Psikologi dalam Ranah Kepemerintahan

Aulia Nataningsih biasa dipanggil Uli, mahasiswa Psikologi Universitas Indonesia, adalah salah satu penerima beasiswa Rumah Kepemimpinan angkatan 8 Regional 1 Jakarta Putri. Mulai bulan Februari lalu, secara resmi, Uli menjadi salah satu dari 19 mahasiswa seluruh Indonesia yang mendapat kesempatan melakukan internship di Kementerian Sekertariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia di bagian Pelayanan Informasi Publik, Asisten Deputi Hubungan Masyarakat, Deputi Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat. Singkatnya, Uli menjadi salah satu tim dari GPR (Government Public Relation).

uli 2

Setelah melalui 3 tahap seleksi yang begitu ketat dengan jumlah pendaftar mencapai 300 mahasiswa seluruh Indonesia, Uli berhasil menjadi 1 dari 19 mahasiswa yang terpilih. Awalnya Uli berpikir, apakah ilmu psikologinyaberkorelasi dengan Kemensetneg karena sebelumnya, dia tidak pernah berpikir akan terjun di dunia kepemerintahan. Setelah satu bulan lebih internship, Uli menyadari bahwa peran ilmu psikologi dalam bidang ini dibutuhkan, utamanya dalam hal riset dan berhubungan dengan masyarakat.

Saat ini Uli menjadi tim riset humas Kemensetneg RI untuk membuat branding dan profil lembaga, setelah sebelumnya pernah terlibat dalam penanganan dan pelayanan aksi unjuk rasa besar dari proses penyampaian aspirasi di lapangan hingga audiensi dengan petinggi negara di Istana Kepresidenan. Bertemu dengan pemimpin negara hingga masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi ke presiden membuat Uli berpandangan bahwa betapa banyaknya tugas yang harus diemban oleh presiden. Mengkritik adalah suatu hal yang baik, tapi akan lebih baik lagi apabila kritikan tersebut diikuti oleh aksi solutif yang dapat membantu presiden dalam mengemban amanahnya.

uli 3

Perjalanan Uli di Kemensetneg masih tersisa dua bulan lagi, masih banyak yang bisa dipelajari dan pahami. Sejauh ini, Uli belajar banyak hal tentang kepemerintahan bukan hanya pada sisi administratif saja, melainkan juga teknis dan analisis. Selain itu Uli juga dapat mengasah soft skill utamanya dalam hal komunikasi publik dan juga kreativitas karena saat ini mereka sedang bergerak untuk menemukan inovasi pelayanan publik terbaru agar memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada Presiden.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *